Rabu, 25 September 2013

selamat siang bro'ers
skr saya mau berbagi pengalaman seputar motor
:D enjoyyyy....

hari ini udah hampir setahun saya pake motor suzuki satria FU yg saya kasih nama Goku ,kenapa goku
soalnya dulu waktu saya sma teman saya udah punya duluan
n saya liat lampu depan nya mrip rambut karakter dragonball goku waktu lagi super saiya (rambut nya rancung k atas,he)

setahun bersama goku saya punya banyak cerita
mulai dr cerita senang sampai sedih (lebih ke miris sih)
hha
oke cekidot,first impression dr saya bawa motor ini jok nya gaenak
kecil, awal awal saya ganyaman
karena pas trun dari mtor suka pegel2
disamping itu yg posisi riding nya aga nungging bkin pundak pegel juga
sewaktu bulan pertama dijalan belum banyak yg pake
yah karena kebetulan saya pilih yg beda yaitu yg spesial edition
beda hrga dikit sama warna velg nya
djlan sempet jd perhatian pengendara lain
ya mungkin karena belum banyak yg pake jd ya wajar laah
bahkan sempet pas lg cuci motor ada yg nanya
"mas ,velg nya cat sendiri apa bwaan pabrik? ko saya baru liat?"
ya saya jawab aja
"bawaan pabrik ko mas"
hhe
yap kesan pertama cukup pede pake motor ini

tapi cerita selanjutnya datang disaat hujan
disinilah saya mulai mengenal karakter motor ini
karena sepengetahuan saya motor ini mesin nya vertikal (menghadap ke atas)
jd kalo banjir mungkin aman,toh mesin ny jug tinggi
tapi ternyata masalah nya bukan disitu melainkan dr posisi busi yg tegak sejajar dengan mesin
ketika hujan air masuk ke dalam busi dan mematikan kelistrikan motor
simple sebenernya,tp karena system yg semi mobil ini dan perlu penyesuaian dengan kondisi hujan
menyebabkan efek yg cukup "ngeselin"
itu tuh rasanya kaya lo lagi lari tapi tiba2 terserang jantung
pasti langsung ngedadak mati
nah ini juga sama
padahal yg lain ga masalah
cuma ya namanya busi itu kan kaya bagian terpenting agar motor hidup
karena disitulah awal mula proses motor hidup ,mulai dari percikan api sampai proses akhir pembuangan gas emisi.
benerin nya juga sbnr nya ckp simple
cabut kop busi,trus keringin
jangan sampe ada air
beres
tapi ya itu! penyakit kya gitu itu ngeselin,sering juga pas udh nyuci motor. motor udah kinclong
ehh malah mesin ga nyala gara2 kecipratan air
#cape deh
dan cerita paling menyedihkan itu disaat hujan gede dan saya lagi posisi ngebut motor tiba2 mati :'(
saya harus kerja keras nyari bengkel untuk bersihin busi nya.

kedua
Ban,entah mengapa selama saya pake motor ini sering banget ngalamin yg namanya ban bocor
ga asik lah,yg paling apes saat motor d parkir terus balik lagi ban udah kempes
banyak asas praduga datang #1 ini siapa yg ngempesin
#2 mungkin ada paku dijalan
#3 ato mungkin ..... ah sudahlah yg terjadi ,biarlah terjadi :D
karena saya bosan sering tambal ban daaan sering bikin lecet velg
saya putuskan ganti ban tubeless FDR Genzi 90/80.

ketiga
Lampu, saya sering mikir ini motor banyak jajan nya!
selam hampir setahun ini, saya udah ganti lampu depan 2x dan lampu belakang 1x
ga ngerti deh saya, knp cpt banget putus nya
spekulasi pertama motor ini CC nya gede otomatis sering dipake d atas 6000rpm yg menyebabkan lampu panas karena tarikan gas,oh iya lupa
saya pake lampu osram cool blue
spekulasi kedua kita sudah ga ada kecocokan lagi , makan nya dia (si lampu motor) lebih baik milih putus.
ah whatever lah yg pasti ttp ngeselin soalnya cpt putus T.T .

ke empat
kabel kopling dan kunci motor hilang,ini adalah saat2 dimana saya galau.karena itu 2 bagian vital motor ini, btw ini ga barengan ya
kunci motor ilang karena saya lupa posisinya entah dimana yg hasilnya saya harus bongkar dudukan kunci dan bikin kunci baru d tukang reparasi kunci (pelajaran: kelemahan pelupa itu bisa menjadi hal yg merepotkan untuk diri sendiri) . nah kalo kabel kopling (wire clutch) putus pas posisi lagi diem
untuk ga pas lagi maju
alhasil saya harus ngedorong motor ini sampai menemukan bengkel
tapi karena sudah malam (jam 20.00 masbro) ga ada bengkel yg buka, untung ad tukang variasi
di akalin n bener lagi.

terakhir
jajan striping baru, sebenernya ini masalah pertama dari urutan di atas soalnya baru juga seminggu dipake saya udah gangsrakan nyosor trotoar jalan. pokok nya dari hal ini saya jadi trauma bawa motor dalam keadaan ngantuk, saat kejadian saat ngantuk dan hampir terlelap saat saya buka mata yg saya lihat pembatas jalan ke jalur cepat
motor saya nabrak, dan saya terpental ke jalur cepat
setelah jatoh saya reflek melihat ke kiri dan ada 2 buah cahaya lampu mobil yg hampir menabrak saya
setelah saya berdiri saya langsung melihat kondisi goku
saat itu kondisi saya benar2 shock
kaki saya lecet,tangan saya pegal2
dan saya lihat motor saya sudah lecet2 bahkan sampai shock breaker yg bahan nya besi pun ikut jadi korban
seminggu kemudian saya beli striping original nya dan saya pasang untuk menutupi bagian yg lecet.

pengalaman lain nya
gara2 goku, saya jadi hobi ngebut
jadi hobi nyekotlet motor
jadi hobi ngoprek motor
jadi banyak belajar tentang otomotif

dan yg paling saya suka adalah jalanan raya kosong malam hari
dimana saya bisa tarik gas sampai 130 km/jam

ya inilah hobi saya
safety fasting streeting ride
:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar